PKK Turut Andil Kelola DD Dan ADD

Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) berperan penting dalam membantu pengelolan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD). Hal tersebut guna membantu melaksanakan program peningkatan kesejahteraan, ekonomi dan pendidikan masyarakat.

Kepala Seksi (Kasi) Administrasi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermasdes), Sapto Wasono mengatakan untuk meningkatkan kualitas masyarakat, PKK dapat berperan serta menggunakan ADD dan DD. Ia menjelaskan PKK Desa harus aktif dalam proses penyusunan rencana pembangunan desa.

“Pada saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) PKK Desa harus hadir,” kata Sapto saat memberikan materi pada Rapat Konsultasi Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga, Selasa (20/2) di Pendopo Dipokusumo.

PKK lanjutnya harus ikut mengusulkan kegiatan-kegiatan pemberdayaan desa. Kegiatan dimaksud seperti kegiatan pemberdayaan perempuan, pendidikan dan kegiatan lain sesuai dengan Pokok Kerja (Pokja) PKK.

“Ibu-ibu PKK harus ikut memikirkan dan mengusulkan yang sifatnya mengembangkan perekonomian, meningkatkan kualitas pendidikan dan kegiatan lainnya,” ujarnya.

Setelah disetujui usulan tersebut PKK melaksanakan kegiatan sesuai dengan usulan dan anggaran yang disediakan. Kemudian PKK juga harus ikut mengawasi pengelolaan ADD dan DD sebagai bagian dari masyarakat dan lembaga desa.

“Anggota PKK pasti aktif di berbagai kegiatan, oleh karena itu PKK harus ikut mengawasi ADD dan DD,” ungkapnya.

Sebagai kelembagaan masyarakat, terang Sapto PKK dapat mengakses anggaran operasional dari bidang kelembagaan masyarakat bersumber dari ADD. Sedangkan dalam fungsi pemberdayaan masyarakat, PKK dapat mengakses anggaran dari bidang pemberdayaan masyarakat baik dari ADD maupun DD.

“Tidak ada batas minimal maupun maksimal dalam mengakses anggaran, besaran alokasi untuk kegiatan PKK ditentukan dalam musyawarah desa,” jelas Sapto.

Di sisi lain, Ketua TP PKK Kabupaten Purbalingga, Erni Widyawati Tasdi mengharapkan program dan kegiatan PKK yang telah dibuat lebih tepat sasaran dan bermanfaat. Ia menghimbau kepada seluruh TP PKK Kecamatan dan Desa agar ikut mendorong berbagai kegiatan demi terlaksananya kegiatan PKK yang bermanfaat.

“TP PKK Kecamatan dan Desa atau Kelurahan agar selalu mendukung berbagai kegiatan di wilayahnya, sehingga terjalin kerjasama dan keterpaduan program yang bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Erni. (PI-7)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.