BUMDesa SERANG MAKMUR SEJAHTERA MENDAPAT PENGHARGAAN 5TH ASEAN RURAL DEVELOPMENT POVERTY ERADICATION LEADERSHIP AWARDS

Kamis, 12/5/2022 – BUMDesa Serang Makmur Sejahtera Desa Serang, Kecamatan Karangreja ditetapkan sebagai salah satu penerima penghargaan 5th ASEAN Rural Development and Poverty Eradication (RDPE) Leadership Awards atau Penghargaan kepimimpinan dqalam pengetasan kemiskinan dan peningkatan ekonomi masyarakat desa di masa Pandemi Covid 19, Penghargaan ini dilaksanakan seara daring melalui video confeence zoom dengan para penerima penghargaan negara anggota ASEAN dan secara bersama-sama dilakukan secara luring dengan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi RI dan Kementerian terkait lainnya yang berolakasi di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Penyerahan penghargaan secara langsung diserahkan oleh Perwakilan Diplomat Muda Kementerian Luar Negeri RI Adhy Buwono Putro kepada Direktur BUMDesa Serang Makmur Sejahtera Teguh Yulianto yang juga didampingi oleh Kepala Desa Serang Sugito, S.E dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Purbalingga Pandil, S.Sos.

BUMDesa Serang Makmur Sejahtera bersama BUMDesa Sanankerto dan Astra Internasional perwakilan dari pihak swasta dapat terpilih mewakili Indonesia diajang penghargaan ini adalah suatu prestasi yang membanggakan, ditengah gencaran pandemi Covid 19 dan kemiskinan yang terjadi di Indonesia, BUMDesa ini masih dapat berkontribusi untuk masyarakat, sehingga dapat menopang perekonomian di desa. Ke depannya kedua Desa penerima penghargaan ini akan mendapatkan binaan sebagai Desa Sejahtera Astra Internasional

5th ASEAN Rural Development and Poverty Eradication Leadership Awards diselenggarakan oleh Republik Filipina melalui Komisi Anti-Kemisikinan, penghargaan ini merupakan kegiatan rutin dua tahunan Senior Officials Meeting on Rural Development and Poverty Eradication ( SOMRDPE) di bawah Framework Action Plan ( FAP ) on RDPE. Penghargaan ini diselenggarakan bertujuan untuk mengakui peran, pencapaian luar biasa dan kontribusi lembaga swadaya masyarakat / organisai masyarakat sipil (LSM/CSO) dan sektor swasta, mempromosikan inklusivitas melalui kerjasama dan kemitraan yang lebih erat antara pemerintah, LSM/CSO dan sektor swasta dalam mengembangkan daerah / masyarakat pedesaan dan pengentasan kemiskinan di Indonesia dan Negara Anggota ASEAN lainnya, serta dengan semangat memajukan ASEAN yang berorientasi pada rakyat, mempromosikan kesadaran ASEAN di anatara LSM/CSO dan sektor swasta dan membawa ASEAN lebih dekat ke hati rakyat. Sedangkan, Kepala Dinpermasdes Purbalingga Pandi, S.Sos mengatakan sangat mengapresiasi prestasi yang diraih oleh BUMDesa Serang.

Prestasi ini diharpakan dapat memacu bagi BUMDesa lainnya di Purbalingga untuk terus berinovasi, berkarya demi kemajuan desanya. “Sampai saat ini di Purbalingga ada 204 BUMDesa. Kami sekarang sedang mendorong BUMDesa untuk berbadan hukum sehingga memudahkan skses baik permodalan, dan bantuan usaha lainnya. Semakin banyak BUMDesa yang nantinya akan berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat ” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.