Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat, Pemdes Kedungjati Kecamatan Bukateja Launching Posbindu PTM

Guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Kedungjati, Kecamatan Bukateja me-launching Posbindu PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) Selasa (27/3), bertempat di Aula Balai Desa Kedungjati, Kecamatan Bukateja. Acara diikuti oleh Pj Kades dan perangkatnya, Kader Posbindu, SKD, Bidan Desa, Petugas Epidemiologi/Posbindu, Petugas Kesling, dan juga dari pendamping desa.

Kasi PTM Dinas Kesehatan Masyarakat Purbalingga, Drg. Tantri mengatakan tujuan dibentuknya Posbindu salah satunya untuk mengedukasi masyarakat tentang pencegahan, screening PTM serta mengetahui status kesehatan masyarakat. Mengingat peran Posbindu PTM yang sangat penting diharapkan seluruh desa di Purbalingga mempunyai Posbindu PTM.

“Petugas Posbindu terdiri dari Kader Posbindu desa setempat dan Petugas Posbindu/Petugas Epidemiologi dari Puskesmas. Sedangkan yang menjadi sasaran dari Posbindu adalah warga di atas 15 tahun, ” tambahnya.

Kepala Puskesmas Bukateja, Dr. Widiyati P mengatakan bahwa Posbindu bermanfaat untuk mengajak masyarakat untuk hidup sehat, selanjutnya sebagai upaya CERDIK (cek kesehatan, enyahkan asap rokok, diet seimbang, istirahat cukup, kelola stres). Pihaknya juga menjelaskan Kecamatan Bukateja sudah terbentuk 8 Posbindu, 2 dibentuk di tahun 2015, 1 di tahun 2016, dan 5 di tahun 2017.

“Posbindu di Desa Kedungjati termasuk Posbindu yang sudah terbentuk di tahun 2017, namun baru di-launching tahun ini, ” katanya.

Untuk sumber Pendanaan kegiatan Posbindu lanjut Widiyati bersumber dari BOK, APBD Kabupaten, dan juga dari APBDes. Kepengurusan dari Posbindu ditetapkan dengan SK Kepada Desa. Pemdes Kedungjati sudah mengalokasikan Dana Desa mulai Tahun 2018 ini untuk operasional Posbindu.

Pj. Kades Kedungjati, Sutrisno mengatakan bahwa Posbindu ini punya manfaat yang baik, agar masyarakat desa dapat memantau kesehatannya. Pihaknya berharap agar warga dan kader bisa menjalankan dan memanfaatkan Posbindu untuk kesehatan semua warga. Peran Pendamping Desa dalam mendampingi kegiatan bidang kesehatan sangat diperlukan.

“Diharapkan Pendamping Lokal Desa dan Pendamping Desa di Kecamatan Bukateja dan juga Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar di Kabupaten Purbalingga dapat mendorong sinergisitas antar stakeholder terkait dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di desa,” katanya (PI-2)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *