PRA TMMD REGULER KE 101 LIBATKAN BERBAGAI UNSUR

 

Persiapan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler ke 101 yang diadakan Komando Distrik Militer (Kodim) 0702/Purbalingga di Desa Karangjambu, Kecamatan Karangjambu melibatkan berbagai lapisan masyarakat. Pra TMMD yang sudah memasuki hari ke 12 mampu mendorong semua unsur masyarakat untuk turun langsung dalam pengerjaan jalan makadam.

Sakhirun (30) Ketua RT 2/1, terus berupaya mendorong para warganya untuk mendukung kegiatan TMMD. Cuaca yang tidak menentu tidak menyurutkan semangatnya untuk turut berkontribusi bersama jajaran Kodim Purbalingga menyelesaikan pekerjaan di lokasi TMMD.

“Sebagai yang dituakan saya harus memberi contoh kepada warga disini untuk ikut serta bersama jajaran TNI, tidak hanya sekedar memberi perintah saja. Meskipun hujan deras, bukanlah halangan bagi kami untuk tetap membantu menyelesaikan sasaran TMMD,” kata Sakhirun saat ditemui di lokasi TMMD, Selasa (27/3).

Proses pembangunan jalan makadam yang sudah dimulai sejak 15 Maret 2018 yang lalu, semakin hari mulai membuahkan hasil. Kerja keras warga Desa Karangjambu yang secara bergilir membantu TNI Kodim Purbalingga menjadi kekuatan untuk penyelesaian pengerjaan pembuatan jalan.

“Kami sudah menjadwal setiap RT secara bergiliran untuk ikut membantu bergotong royong bersama TNI dalam pra TMMD ini sampai dengan selesainya TMMD nantinya. Hal ini kami lakukan agar pekerjaan ini tidak terbengkalai begitu juga warga bisa bergantian membantu agar tidak bosan,” ungkap Casimin, Kepala Dusun (Kadus) II Desa Karangjambu

Keberlangsungan pra TMMD Reguler Ke 101, ternyata mampu menumbuhkan rasa kebersamaan antara warga desa dan jajaran TNI yang berdampak baik bagi warga di lokasi TMMD. Pembangunan jalan makadam di Desa Karangjambu diharapkan mampu meningkatkan perekonomian desa dan mempermudah transportasi.

“Selain itu juga dengan TMMD ini mampu menumbuhkan kembali budaya sengkuyung atau gotong royong yang selama ini mulai berkurang. Mudah-mudahan selesainya TMMD ini, budaya gotong royong akan tetap berjalan dengan baik,” ujar Nasihin warga RT 2/1 yang bekerja sebagai tukang bangunan.

Senada dengan Nasihin, Ketua RT 3/1 Mustangid (42) Desa Karangjambu mengemukakan, di awal pra TMMD ada beberapa warganya yang masa bodoh dengan adanya TMMD di desanya. Namun, hal itu tidaklah menciutkan dirinya untuk terus menumbuhkan kesadaran warganya melalui pendekatan yang didampingi Bintara Pembina Desa (Babinsa).

“Kita tidak pernah memaksa mereka untuk ikut berpartisipasi dalam TMMD, Namun atas kesadaran masing-masing akhirnya warga bisa bergantian membantu mengerjakan jalan makadam ini,” tutur Nasihin.

Selain warga desa, Persatuan Istri Tentara (Persit) Cabang XVII Kodim 0702/Purbalingga juga turut andil dalam pelaksanaan TMMD Reguler ke 101. Menurut Ketua Persit Cabang XVII Kodim 0702/Purbalingga, Saraswati Andy Bagus menjelaskan pelaksanaan TMMD di Desa Karangjambu akan dijadikan sebagai ajang silaturahmi bersama seluruh anggota Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) jajaran Koorcab Rem 071/WK.

“Untuk menyukseskan kegiatan TMMD ke 101, kami akan turut berpartisipasi di dalamnya. Kami juga akan mengerahkan anggota Persit di ajang Pembukaan TMMD sekaligus menyambut kehadiran Gubernur dan Pangdam IV/Diponegoro beserta rombongan,” ucap Saraswati saat ditemui di Balai Desa Setempat. (PI-7)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.