Bupati Tasdi Gotong Royong Lebarkan Jalan Desa Tanalum

 

Warga Desa Tanalum Kecamatan Rembang, Purbalingga memang luar biasa. Itu salah satu komentar Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM saat bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melaksanakan Gerakan Bersama Rakyat (Gebrak) Gotong Royong di desa itu, Selasa (14/2/2017).

Pada kegiatan itu, terlihat ratusan warga desa dengan potensi wisata desa yang luar biasa itu begitu antusias melaksanakan kerja bhakti melebarkan jalan penghubung antara Dukuh Lumbang dengan Dukuh Warudoyong sepanjang 1,6 km. Semula jalan itu nerupakan jalan setapak dan akan dilebarkan menjadi empat meter.

“Ini luar biasa. Masyarakat Tanalum memang luar biasa. Semua antusias kerja bersama kita. Apalagi tanah yang digunakan untuk jalan semua dari hibah masyarakat disini. Karena rakyat sudah greget, nanti pemda akan membantu,” ujar Tasdi disela-sela kerja bhakti bersama rakyat.

Bupati Tasdi tak hanya mengkomando saja namun tak ragu turun langsung memegang gergaji mesin untuk menebang pohon, memangkas, mencangkul dan meratakan tanah. Begitupun para pimpinan OPD yang ikut serta mendampingi bupati seperti Sekretaris Daerah Wahyu Kontardi, Asisten Ekonomi Pembangunan Sigit Subroto, Asisten Pemerintahan dan Kesra Imam Wahyudi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kodadiyanto, Kepala Dinkominfo Tri Gunawan dan pimpinan OPD lainnya termasuk Camat Rembang Suroto.

Camat Suroto menuturkan, pelebaran jalan Siliwangi di Desa Tanalum sepanjang 1,6 km dengan lebar 4 meter, merupakan rintisan pembuatan jalan tembus yang akan menghubungkan potensi wisata Curug Nagasari. Sementara, masyarakat setempat akan menyiapkan jalur jalan itu untuk kemudian pembangunannya diharapkan mendapat bantuan dari pemkab Purbalingga.

“Jalan ini memiliki kandungan historis yang cukup penting karena dahulu ini merupakan jalan gerilya pasukan Siliwangi saat agresi militer kedua. Kita akan suport sampai jalan ini terwujud,” jelasnya.

Pada kegiatan Gebrak Gotong Royong di Desa Tanalum, seperti biasa juga dilaksanakan penanaman pohon penghijauan, gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), Pemberian sembako, makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil serta pemberian bantuan bibit cabe rawit dari Dinas Pertanian. (Hardiyanto)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *